085-640-664-997

Phone - SMS - Whatsapp

"Belajar Renang Menjadi Lebih Cepat, Mudah & Menyenangkan"

MENCEGAH TERJADINYA KRAM OTOT KETIKA BERENANG

Posted by   on Pinterest





Kram Otot atau dalam istilah medis dikenal dengan idiopatik adalah menegangnya otot secara tiba tiba dan diikuti dengan rasa sakit yang luar biasa.

Kram ini bisa terjadi di bagian otot tubuh mana saja.

Bisa muncul pada otot betis, paha, otot perut, pinggang dan lain sebagainya..

Apa yang menyebabkan kram otot terjadi secara tiba-tiba?

Saya tidak akan menjelaskan bagaimana kram ini terjadi secara detail. 

Hanya gambaran secara umum kesimpulan yang saya buat dari apa yang saya baca dan saya dengar.

Kram dalam aktivitas olahraga dapat muncul ini dikarenakan penumpukan asam laktat secara berlebihan pada sel sel otot dikarenakan otot melakukan kerja lebih melebihi batas maksimalnya.

Sebagai contoh: Ketika pemain sepakbola bermain dalam pertandingan dengan intensitas permainan yang tinggi pasti kita akan jumpai ada yang tiba-tiba duduk mengerang kesakitan dengan otot kaki lurus tegang sakit dan sulit digerakkan. Nah, yang dia alami itulah kram.

Dalam beberap kasus, dan saya pernah mengalaminya sendiri. Kram yang parah akan membuat otot terasa sakit sekali. Dan ini akan terjadi berulang ulang dalam beberapa hari hingga kita benar benar pulih. 

Yang saya alami kram pada bagian betis. Selama hampir 1 minggu setiap saya berjalan misalnya saya naik tangga akan terasa otot tegang dan sakit. Sehingga harus hati hati pada proses pemulihan.

Kram sendiri bisa terjadi tidak hanya saat berolahraga.

Saat tidurpun bisa terserang kram otot. Ini banyak sekali faktor penyebabnya

Bagaimana mencegah terjadinya kram otot ketika berolahraga khususnya renang?

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan



  • Selalu lakukan pemanasan
  • Jika kita berenang di kolam dengan air yang dingin lakukan lebih banyak pemanasn terlebih dahulu
  • Sebelum masuk ke dalam kolam basahi terlebih dahulu tubuh dengan air
  • Ketika sudah masuk ke dalam kolam jangan langsung berenang. lakukan aktivitas kecil seperti jalan, menggerakkan anggota tubuh untuk adaptasi dengan suhu kolam
  • Lakukan latihan dengan beban dan intensitas meningkat (jangan langsung berat)
  • Atur beban latihan
  • Jika sudah lelah jangan dipaksakan, istirahatlah
  • Konsumsi air mineral yang cukup
Jika Kram ini terjadi saat anda sedang berenang, Tenang dan segera berusaha berenang menepi.

Minta bantuan orang di sekitar untuk membantu anda

Relakskan otot yang kram tadi

Jika rasa nyeri hilang, lakukan pijat dengan menekan nekan otot yang tegang dan keras agar kembali normal

Istirahatkan dulu jangan langsung bergerak lagi. Jika memungkinkan dapat dikompes dengan air es.

Ini sedikit tips dari saya. semoga dapat bermanfaat. 

Happy Swim...

Tidak ada komentar:
Write komentar
Join Our Newsletter