085-640-664-997

Phone - SMS - Whatsapp

"Belajar Renang Menjadi Lebih Cepat, Mudah & Menyenangkan"

KUNCI SUKSES BELAJAR RENANG DENGAN MUDAH DAN CEPAT

Posted by   on Pinterest



Kunci sukses? yup benar sekali...

Kalian ndak salah baca...ternyata tidak hanya wawancara kerja saja yang mempunyai "kunci sukses"

Ternyata di dalam belajar renang pun juga ada kunci sukses yang harus diketahui jika ingin menguasai teknik renang dengan mudah dan cepat.

Ada beberapa pertanyaan yang sering dilontarkan oleh peserta les renang.

"Mas, saya sudah coba belajar renang. Tetapi kok tetap ndak bisa-bisa ya? kenapa ya?"

" Mas, saya mau mendaftar TNI, tapi belum bisa berenang. Kira kira bisa ndak ya belajar renang dan cepet bisa?"


"Mas saya bulan depan mau ada liburan sama keluarga, dan biasanya ada berenang. Bisa ndak ya saya belajar gimana caranya biar cepet bisa berenang?"


Menurut saya, ada beberapa hal yang membuat kita mengalami kesulitan dalam belajar berenang apalagi ketika usia semakin dewasa.

Faktor Pertama, hal ini dapat disebabkan dari faktor komunikasi antara pelatih dan siswanya. Maksudnya adalah bagaimana cara pelatih berkomunikasi dengan siswa dan bagaimana pemahaman siswa terhadap instruksi pelatihnya.

Kuncinya: Sebagai pelatih kita harus tau kondisi yang kita latih, baik kesehatan, apa yang dirasakan, apa yang menjadi ketakukannya, apa yang menjadi hambatannya, dan selalu bertanya apakah kesulitan memahami penjelasan kita. Atau semua hal yang berhubungan dengan apa yang dia alami ketika latihan,
Untuk yang dilatih, Anda harus ikuti instruksi pelatih. Jika ada yang and atidak mengerti segera tanyakan.

Faktor Kedua, Karena anda ingin cepat bisa maka tanpa sadar anda melakukan gerakan gerakan yang cepat (buru-buru) namun sayangnya dengan teknik yang tidak tepat saat belajar. Hal ini membuat akan membuat anda menjadi bingung sendiri apalagi saat melakukan gerak koordinasi kaki, tangan dan nafas.
Kuncinya: Prinsipnya adalah lakukan gerakan dengan teknik yang benar terlebih dahulu. Untuk mendapatkan gerak yang benar lakukan dengan pelan dan sambil anda rasakan. Jika anda menggunakan teknik yang benar meskipun gerakannya pelan secara otomatis tubuh akan bergerak dengan sendirinya.

Faktor Ketiga, Anda kurang rileks. Releks yang saya maksud adalah ketika anda bergerak badan anda semua kaku otot menegang. Ini membuat gerakan menjadi tidak natural atau terkesan patah patah. Padahal nantinya kita butuh sebuah momentum ketika kita melakukan sebuah rangkaian gerak yang natural.
Kuncinya: Perbanyak latihan relaksasi. dengan cara belajar mengambang dengan melemaskan semua otot tubuh mulai dari otot lengan. leher, bahu, punggung hingga tungkai. semua harus relaks. semakin relaks akan semakin mempermudah anda mempelajari gerak renang.

Faktor ke-empat: Anda tidak tahu dan tidak dapat merasakan momentum gerak. Maksudnya adalah ketika anda melakukan gerakan kaki kapan seh moment yang tepat gerak kaki dilakukan. Kapan gerak tangan dilakukan. kapan seh ambil nafas dilakukan. nah masing masing teknik momentumnya berbeda beda.
Kuncinya: Rasakan ketika anda menggerakkan kaki atau tangan. rasakan perubahan, pergerakan, pergeseran tubuh anda ketika anda menendang atau mengayuh. jika lambat coba rubah lagi tekniknya. anda dapat melakukan beberapa uji coba dengan cara merubah teknik. baik itu tendangan maupun kayuhan tangan

Itulah beberapa tips kunci sukses belajar berenang dari saya. Jika ada yang ingin bertanya tentang belajar berenang atau tentang kursus renang dapat menghubungi saya melalui kontak yang tersedia di blog ini.

Terima kasih

Happy Swimming...

1 komentar:
Write komentar
Join Our Newsletter