Kamis, 18 Juni 2015

Hal yang harus dilakukan sebelum dan sesudah berenang


Untuk anda yang ingin mulai belajar berenang hendaknya memperhatikan beberapa hal yang perlu dilakukan saat akan berenang dan sesudah berenang. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari resiko terjadinya cidera. Kita sering mendengar kasus terjadinya keram otot saat di dalam air, hal itu disebabkan karena tidak melakukan pemanasan sebelum berenang. Keram otot sangat membahayakan bagi perenang, jika terjadi keram otot di kolam dangkal masih bisa diantisipasi. Namun, jika terjadi keram otot di kolam dangkal ini bisa membahayakan si perenang, bahkan bisa mengakibatkan tenggelam dan berakibat kematian. Untuk itu perlu perhatian dari rekan-rekan semua bahwa pemanasan sebelum mulai berenang.

Pemanasan bertujuan untuk meregangkan otot sehingga otot siap untuk menerima beban latihan yang akan dilakukan. Pemanasan hendaknya dilakukan secara perlahan-lahan, hal itu untuk menghindari cidera. Lakukan pemanasan secara berurutan, mulai dari mereganggkan otot leher, otot bahu dan lengan, otot punggung kemudaian otot kaki. Ingat, lakukan dengan perlahan jangan terburu buru. Rasakan setiap bagian otot yang diregangkan seperti tertarik. Namun, jangan sampai terasa sakit. lakukan pemanasan statis(diam) dan dinamis (bergerak/senam).

Setelah anda siap jangan langsung masuk ke dalam kolam renang. Hendaknya basahi dulu tubuh anda. Siram menggunakan air di kamar mandi. Ini bertujuaan untuk menyesuaikan suhu tubuh anda sesuai dengan suhu air di kolam. Jika sudah masukkal ke kolam renang. Jangan langsung berenang, bergerak-geraklah dulu agar tubuh beradaptasi. Jika sudah barulah anda siap untuk mulai berenang.
Saat berenang lakukan bertahap. Mulai dari kecepatan perlahan hingga semakin lama semakin cepat. Peningkatan beban latihan dilakukan bertahap. Dari latihan ringan hingga latihan berat.

Jika anda sudah selesai berenang hendaknya lakukan hal hal berikut ini. keluarlah dari kolam renang menggunakan tangga yang ada di sisi kolam. Sering kita jumpai orang langsung naik. Jika anda terpeleset bisa terbentur dan mengakibatkan cidera. Jika sudah naik jalanlah menuju tempat anda dan ke kamar mandi untuk membilas tubuh anda, jangan berlari karena bisa terpeleset. Bersihkan tubuh anda dan keringkan pakaian renang anda. Istirahatlah di tempat yang teduh. Makan dan minumlah yang cukup jangan berlebihan. Akan lebih baik jika mengandung serat seperti buah-buahan.

Ada hal-hal lain yang juga perlu anda ketahui saat berada di kolam renang untuk menghindari terjadinya kecelakaan atau hal hal yang tidak diiinginkan yaitu:

  1. Saat masuk di kolam renang perhatikan semua tanda-tanda dan petunjuk yang disediakan oleh pengelola. Tanda seperti kedalaman kolam, peraturan, dan tanda peringatan
  2. Saat di kolam renang janganlah berlari karena kondisi lantai di kolam renang yang licin bisa membuat anda terpeleset, jatuh dan terbentur. Jalan perlahan saja.
  3. Jangan bermain dorong-dorongan atau mendorong teman yang berdiri di sisi kolam, terutama dai kolam dalam. Karena bisa berakibat fatal.
  4. Jika anda belum mahir berenang, berenanglah di koam dangkal. perhatikan papan petunjuk dimana batas antara kolam dalam dan kolam dangkal.
  5. Jangan meloncat dari sisi kolam ke dalam kolam yang banyak orang berkumpul dan lompat menukik di kolam dangkal. Karena anda dapat menimpa orang lain atau anda dapat terbentur ke dasar kolam. Jika ingin melompat lakukan dengan benar di kolam yang tidak terlalu dangkal dan tidak ramai orang berkumpul.
  6. Taruh pakaian dan tas anda di lokasi yang mudah anda awasi. Perhatikan sesekali barang barang anda jangan terlalu asik dan terlena karena asik berenang. Jika ada tempat penitipan bisa dititipkan.

Sekian sedikit tips dari saya. Keep Happy and Safe Swimming....



Kamis, 11 Juli 2013

Belajar Renang Untuk Pemula


Bagi orang awam (baca: yang benar-benar tidak bisa berenang) yang belum pernah sama sekali berenang pasti ketika mencoba berlatih untuk pertama kali akan bilang kalo renang itu “susah”. Kata itu sering saya dengar dari sodara-sodara, adik-adik yang pertama kali ikut program latihan yang saya berikan.
 
Berenang tidaklah sulit. Ingat, tidak sulit. Tekankan kata itu di dalam hati dan yakin kalo anda juga mampu berenang dengan baik seperti yang lainnya. Itu langkah awal sebelum anda masuk ke dalam air dan mulai berlatih. Keyakinan akan kemampuan diri untuk bisa berthasil adalah tahap awal untuk berlatih renang.
 

Rabu, 10 Juli 2013

Perlengkapan Renang

Berenang secara alami tidak membutuhkan perlengkapan atau pakaian khusus. Manusia dapat berenang tanpa perlengkapan apapun dalam kondisi apapun. Berenang yang ditujukan untuk rekreasi dan olahraga terkadang membutuhkan pakaian dan perlengkapan khusus untuk membantu memudahkan bergerak di air.

Pakaian yang digunakan untuk berenang dirancang untuk memudahkan manusia bergerak di air. Pakaian renang biasanya terbuat dari bahan karet elastis yang mengikuti bentuk tubuh untuk menghindari masuknya udara ke dalam pakaian. Pakaian renang juga dirancang untuk mempercepat pergerakan manusia di air, rancangan seperti ini ditujukan bagi kegiatan berenang untuk kompetisi.

Selasa, 09 Juli 2013

Perkembangan Olahraga Renang


Image and video hosting by TinyPic
Renang sudah dikenal sejak jaman prasejarah. Kegiatan berenang digunakan untuk kegiatan berburu ikan di laut atau sungai. Hal tersebut dibuktikan dengan ditemukannya gambar-gambar di “goa perenang” yang lokasinya berdekatan dengan Wadi Sora, di Gilf Gebir, barat daya Mesir.